RSS

fungsi hardware pada komputer


A. Alat Input (Input Device)
Fungsi Input Devices antara lain memasukkan data dan program yang akan diproses ke dalam komputer , menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal computer ( kode bit/binary digit ) , kemudian mengirim data yang sudah berbentuk bit ke dalam storage atau media penyimpanan.
Beberpa contoh alat input yaitu :
1. Keyboard (Papan Ketik)
Keyboard merupakan alat input yang berfungsi untuk mengetik atau menginput huruf , angka , atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau system operasi yang dijalankan oleh komputer.
Keyboard biasanya dibagi dalam 3 bagian yaitu :
Ø  Function Keys ( tombol fungsi )
Ø  Type Writer ( tombol , huruf , angka , dan tanda baca )
Ø  Numeric Keypad ( tombol angka dan tanda baca yang berfungsi sebagai kalkulator )
Fungsi beberapa tombol yang penting pada keyboard yaitu :
No.
Tombol
Fungsi
1
Bevel: Enter
Mengakhiri pengetikan , melaksanakan perintah dan pindah ke baris berikutnya.
Membuat paragraph , dan memberikan ruang kosong untuk maksud tertentu , serta memberikan perintah untuk mencetak data selain menekan OK.
2
Bevel: Esc
Membatalkan pengetikan perintah.
3
Bevel: Del
Menghapus karakter pada posisi sebelah kanan kursor.
4
Bevel: Ins
Menyisipkan karakter/mode timpa pada saat penyuntingan naskah/data.
5
Bevel: CtrlBevel: Alt
Ctrl dan Alt bila ditekan bersama tombol lain akan memiliki fungsi tertentu.
6
Bevel: F2Bevel: F1
Function keys tertulis pada keyboard F1 s/d F12 tombol ini memiliki fungsi tertentu sesuai dengan perintah yang dijalankan.
7
Bevel: Tab
Memindahakan cursor ke tanda tab stop.
8
Bevel: Caps Lock
Menghasilkan huruf capital , demikian sebaliknya untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil dengan cara menekan ulang tombol caps lock.
9
Bevel: Shift
Digunakan bersama tombol lain untuk mengetik karakter symbol yang ada di tombola atau huruf capital. Shift dengan tombol lain seperti dengan anak panah akan membuat blok sesuai dengan keinginan.
10
Bevel: Ctrl
Tombol Ctrl digunkan bersama tombol lain untuk menjalankan perintah
11
Bevel: SBevel: 1Bevel: A
Tombol keypad untuk pengetikan huruf dan data angka , serta symbol.
12
Tombol anak panah untuk menggerakkan insertion point/cursor sesuai dengan keinginan.
13
Bevel: Backspace
Menghapus karakter , spasi , ataupun paragraph setelah dilakukan blocking di sebelah kiri kursor secara cepat.
14
Bevel: Page Down up upBevel: Page Up up up
Page up/Page down bersama ctrl menggulung naik turun satu layar/halaman pada layar monitor awal kata.
15
Bevel: Home up up
Mengarahkan cursor pada awal baris.
16
Bevel: CtrlBevel: Home up up
Home dengan tombol Ctrl secara bersamaan , secara otomatis cursor akan menuju pada awal halaman.
17
Bevel: End up up
Mengrahkan cursor pada akhir baris.
18
Bevel: CtrlBevel: End up up
End dengan Ctrl secara bersamaan , secara otomatis cursor akan menuju pada akhir halaman.
2. Mouse (Tetikus)
Mouse adalah pointing device yang berguna untuk mengatur posisi kursor di layar dan memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard.
Beberapa kegunaan mouse yaitu :
Ø  Menempatkan insertion point/kursor dengan cepat pada teks atau naskah yang sedang di ketik.
Ø  Memilih dan membuka ikon tertentu yang terdapat pada system operasi maupun perangkat lunak untuk  menjalankan fungsi – fungsi menu dan ikon tersebut.
Karakteristik mouse yang paling umum mempunyai dua tombol , masing – masing disebelah kiri dan kanan atas yang dapat ditekan. Mouse bekerja meggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan.
Fasilitas khusus mouse antara lain :
Ø  Mouse pointer yang dapat digerakkan dengan menggeser mouse.
Ø  Klik berfungsi uhtuk melakukan satu perintah.
Ø  Double klik , menekan tombol mouse dua kali secara cepat tanpa menggeser mouse.
Ø  Drag ( geser ) berfungsi untuk membuat blok.
Ø  Shortcut , penekan tombol kanan mouse satu kali dengan cepat kemudian dilepas lagi.
3. Scanner (Alat Pemindai)
Scanner adalah alat yang digunakan untuk memindai atau menscanning suatu dokumen , gambar/foto , dan lain-lain. Fungsi scanner mirip dengan mesin fotocopy bedanya hasil scanning mesin fotocopy dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan hasil scanning mesin scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah  dan dimodifikasi sehingga hasilnya manjadi bagus.
4.Digital Camera
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file kemudian dapat dipindahkan ke komputer. Digital kamera sama sekali tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
5.Mic (Microphone)
Mic berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan lain untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker yang berfungsi untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
6.Light Pen (Pena Elektronik)
Light pen banyak digunakan untuk membuat grafik dan gambar dalam perencanaan dengan bantuan komputer CAD. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam , dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
7.Graphics Pada
Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama menggunakan jarum yang dihubungkan ke pad dengan memakai bantalan tegangan rendah , yang kedua menggunakan bantalan sensitive sentuh tanpa menggunakan jarum.
8.Barcode Reader
Alat ini berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk angka-angka.
9.Webcam
Webcam adalah sebutan bagi kamera real time yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web , program instant messaging atau aplikasi video call. Gambar yang dihasilkan oleh webcam dapat disimpan dalam komputer untuk kemudian dilihat kembali.
10.Touch Screen (Layar Sentuh)
Touch screen merupakan layar monitor yang bisa berinteraksi dengan user melalui sentuhan tangan pada layarnya. Sensor yang terdapat pada touch screen berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut. Touch screen disebut juga touch sensor.
11.Joystick
Joystick merupakan piranti masukan berupa tongkat yang mampu menangkap gerakan dinamis dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer. Joystick berguna untuk mempermudah mengontrol gerakan berbagai objek dalam games komputer.
12.Drive Device
Drive device terdiri dari harddisk drive , disk drive , dan USB drive. Drive device berfungsi untuk menerima dan manampilkan data-data yang disimpan dalam harddisk , disket , media optic disk (seperti CD , DVD , maupun blu-ray) , dan USB/Flashdisk untuk diproses/diolah dalam komputer.
C. Media Penyimpana Data
Tempat untuk menyimpan sejumlah data hasil dari input disebut dengan media simpan elektronik atau drive. Penamaan drive dibawah ini
·         Alamat drive A  :  Untuk menyimpan data kedalam disket (floppy disk)
·         Alamat drive C  :  Untuk menyimpan data program
·         Alamat drive D  :  Sama dengan hard disk
·         Alamat drive E  :  Untuk CD drive /CD ROM/ DVD ROM/HDDVD ROM/Bluray ROM
·         Alamat drive F  :  Untuk external hardware seperti flashdisk USB
1.   Macam Media Penyimpanan
a. Internal Storage (Media Penyimpanan Utama)
Adalah jenis media penyimpana yang dapat menyimpan informasi yang kemudian dapat dipanggil lagi(diakses), terdiri atas:
Main Memory (Main storage/Penyimpanan Utama)
~ Adalah tempat untuk menyimpan data dan program
General Register
~  Untuk menyimpan hasil perhitungan binary arithmetic
Control Register
~Untuk membantu control unit dalam mengendalikan operasi dari computer itu sendiri
Buffer
~Untuk menambah kecepatan didalam pemindahan data antara ALU dan main storage
Read Only Memory (ROM)
~hanya dapat membaca data saja, bersifat permanen sehingga tidak akan hilang ketika listrik mati
Random Acces Memory (RAM)
~dapat membaca dan menulis serta menyimpan data atau rogram (read and write), tidak bersifat permanen sehingga akan hilang bila aliran listrik mati
External Stoage (Media Penyimpana Cadangan)
Adalah storage yang dapat menyimpan data secara permanen
2.   Ciri-ciri Penyimpanan Data
a.       Media Penyimpana Data Utama (Internal Storage)
Ciri-ciri sebagai berikut
·   Secara keseulruhan operasinya bersifat elektronik
·   Karena operasinya yang elektronis, data hampir bisa diakses sekaligus dari memori utama
·   Kecepatan akses yang tinggi sehingga membantu cepatnya pemrosesan
b.      Media Penyimpana Data Cadangan (Eksternal Storage)
-      Magnetic Disk, ciri-ciri:
·         Disket secara permanent disegel dalam selubung plastic protektif secara tipis dan bersifat keras
·         Data disimpan didalam track
·         Umumnya berukuran 5,25’’ dan 3,5’’
·         Kapasitas penyimpanannya berkir dari 1,2 MB sampai 1,44 MB
·         Digunakan sebagai media penyimpanan data cadangan yang akan diinput ke system lain pada computer
-      Optic disk, ciri-ciri:
·         Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data
·         Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar
·         Dapat membaca data lebih cepat
-      Flash Disk/USB
Berfungsi menghububgkan alat eksternal seperti scanner, printer, mouse, keyboard, alat penyimpan data (zip drive), kamera digital, atau perangkat lainnya ke komp[uter kita.
3.   Tipe dan Kemampuan Media Penyimpana Data
a.       Hard Disk merupaka salah satu jenis piringan magnetic yang memiliki kapasitas yang besar. Kapasitas hard disk yang beredar saat ini di pasaran berkisaran antara 20 GB sampai 120 GB
b.      Floppy Disk
Digunakan untuk menyimpan data dari suatu komputer ke komputer lain
c.       Pirangan Optik
Adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan bahkan ribuan kali dibanding disket
-    CD (compact disc) atau Laser Optical Disc
~merupakan jenis piringan optic yang pertamakali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan melalui sinar laser
-    DVD (digital video disc/digital versatile disc)
~merupakan teknolohi piringan optic yang memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar. Kemampuan DVD yang dapat dilihat dari jenisnya yaitu:
·         Single-sided, single layer kapasitas 4,7 GB
·         Double-sided, single layer kapasitas 8,5 GB
·         Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
·         Double-sided, double layer kapasitas 17 GB
Berdasarkan formatnya, DVD dikelompokan menjadi 5, yaitu;
·         DVD-R
·         DVD+R
·         DVD+RW
·         DVD-RW
·         DVD-RA
- Blue-ray
~ Merupakan teknologi penyimpanan data baru
d.Flash Dusk / USB flash
mampu menyimpan data hingaa 2 GB bahkan bisa lebih dari itu.
D.Alat Output ( Output  Device  )
Output device adalah perangkat hardware yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil dari pengolahan data. Hasil keluaran dapat berupa   hard – copy ( kertas ) , soft – copy ( ke monitor ) , ataupun berupa suara . Peralatan output antara lain :
Hard – copy yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media kertas / film yang bersifat permanen dan lebih portable ( dapat dibawa kemana – mana ) . Alat yang umum digunakan untuk ini : printer , plotter  & alat microfilm .
Soft – copy yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan & image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik . Seperti : vidioi display , Flat panel , & speker.
Drive device yaitu alat yang digunakan untuk merekam symbol yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk / magnetic tipe . Dapat juga sebagai alat input .
Contoh alat output adalah :
Monitor
Monitor / VDU ( video display unit )                                       merupakan peralatan keluaran yang menghasilkan pada layar media .  Monitor  ( Chatode Ray Tube / Visual Display Unit ) sebagai piranti keluaran dan masukan    yang mirip televise dan output.  Jenis monitor yang     dapat dikenal antara lain monitor ( monochrome ),          Monitor CGA ( Enhanched Graphics Adapter ) memiliki 16 -64 warna , Monitor VGA ( Vidio Graphics Array ) memiliki 256 lebih pilihan warna.Selain itu ada juga LCD ( Liguid Crystal Display ), LCD adalah layar tipis & ringan yang sering digunakan pada laptop / notebook
Printer
Printer  adalah peralatan keluaran yang menghasilkan data berupa hasil  cetakan pada kertas sebagai medianya  dan juga dapat memaksimalkan cetakan kertas , baik berupa single sheet  .continuous form (kertas bersambung ).Printer  dibagi menjadi 2 kelompok : impact printer & non – impact printer.Impact printer adalah jenis printer yang menghasilkan suatu huruf / gambar dengan ketukan secara  fisik. Dalam kategori ini dapat terbagi menjadi 2 jenis yaitu dot matrix  yang berupa kumpulan titik yang membentuk karakter . Daisy wheel  yang berupa cetakan huruf menterupai mesin ketik Sedangkan Non – impact printer  menggunakan tinta / toner untuk pencetakannya .hasil cetakannya lebih halus daripada jenis dot matrix.
Jenis – jenis Printer adalah :
a.Printer Dot Matrik
yaitu terbuat dari potongan baja.hasil cetakannya tergantung pada jumlah potongan baja dalam mesin . Cetakannya akan lebih baik jika mesin menghasilkan tiga ratuslima puluh titik tiap inchi .
b.Printer Daisy Wheel
yaitu printer yang memiliki huruf & angka yang dapat dinaikan 7 tersusun pada roda , sehingga menyerupai bunga aster. Roda berputar sampai huruf siap ditekan pada pita bertinta.
c.Printer Ink Jet
yaitu printer yang dapat mencetak gambar .Beberapa printer memiliki 4 warna yang berbeda yang dapat menghasilkan ratusan warna .
d.Printer laser
Yaitu  printer dengan bahan baku tinta berupa serbuk atau toner. Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi  sehingga menjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet.
1.2 jenis Printer
Plotter
Yaitu alat keluaran yang fungsinya hampir sama seperti printer , Beberapa printer , plotter digunakan untuk
mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar.   Seperti poster , spanduk , baliho , dsb.
1.3  Plotter
Infocus
Adalah alat untuk menampilkan gambar dari hasil pemprosesan data.Hanya saja alat ini meemerlukan objek lain sebagai media penerimannya. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar & berwana hitam terang .Biasanya digunakan adalah dingding putih / kain putih yang dibentangkan . Artikel ini di buat secara berkelompok oleh murid 2 SD plus Widiatmika Jimbaran Bali dalam tugas kelompok.
Tags: 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar